KAJIAN RAMADHAN KECAMATAN BATURRADEN

KAJIAN RAMADHAN KECAMATAN BATURRADEN

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah, Kecamatan Baturraden mengadakan pengajian yang dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 8 April 2022 di Aula Riptaloka Kecamatan Baturraden. Pengajian ini diikuti oleh Camat Baturraden, Sekcam Baturraden, para Kasi dan Kasubag serta karyawan karyawati Kecamatan Baturraden, Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Baturraden dan PKH.

Dalam kesempatan ini Camat Baturraden Bapak Budi Nugroho, S.STP,M.Si meminta peserta untuk mengikuti dan menyimak Kajian Ramadhan dalam rangka mencari ilmu berdasarkan Al-Qur'an dan untuk memperbanyak ibadah pada Bulan Ramadhan. Mencari ilmu tidak hanya pada kegiatan ini tetapi carilah ilmu yang yang seluas-luasnya. Karena dengan ilmu dalam segala bidang akan bermanfaat pada diri sendiri, orang lain dan masyarakat. Bapak Camat mencontohkan kebenaran Al-Qur'an tentang ada mawar merah di angkasa yang tarjadi karena bintang hancur dan meledak.

Kajian Ramadhan kali ini disampaikan oleh Bapak H. Bambang Riyanto, A.Md. dari Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Baturraden dengan mengambil tema "Keajaiaban Do'a dalam QS. Al - Ahqaaf : 115".

QS. A-Ahqaaf (46) : 15

Wa wassainal-insaana bi waalidaihi ihsaana, hamalathu ummuhuu kurhaw wa wada'athu, wa hamluhuu wa fisaaluhuu salasuuna syahraa, hattaa idzaa balaqa asyuddahuu wa balaqa arba'iina sanatan qaala rabbi auzi'ni an asykura ni'matakallati an'amta 'alayya wa'alla waalidyya wa ana'malasaalihan tardaahu wa aslih lii fii zurriyati innii tubdu ilaika wa inni minal muslimiin

Dan kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah dan melahirkannya dengan susahn payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila anak itu telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia berdo'a : Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada Engkau dan sungguh aku termasuk orang muslim.

Hikmah dari ayat ini :

- Orang yang tidak mengambil hikmah dari Al-Qur'an maka hatinya akan terkunci

- Berbakti kepeda orangtus haruslah sepanjang waktu

- Seorang wanita fitrahnya hamil, mengandung, menyusui selama 30 bulan (Tafsir ayat ini : bila hamil 6 bulan wajib menyusui 24 bulan, bila hamil 7 bulan wajib menyusui 23 bulan, bila hamil 8 bulan wajib menyusui 22 bulan dan apabila hamil 9 bulan maka wajib menyusui selama 21 bulan)

Kandungan dalam do'a ini :

1. Untuk sendiri : agar jadi orang yang selalu bersyukur dan berbuat kebajikan yang diridhoi;

2. Untuk orang tua kita;

3. Untuk keturunan kita : agar diberikan kesalehan kepada anak cucu keturunan kita.

Kita tidak menetukan hasil, tetapi proses yang kita lakukan.

Ayat ini jadi bimbingan kepada kita yang sudah menginjak usia 40 tahun, untuk berazzam dua hal, yaitu : pertobatan kepada Allah dan bimbingan agar istiqomah dalam amal sholeh.

 

 

Related Posts

Komentar