PERINGATAN HUT SMP N 2 BATURRADEN DAN PERESMIAN MASJID NURUL ILMI, RABU 26 OKTOBER 2022

PERINGATAN HUT SMP N 2 BATURRADEN DAN PERESMIAN MASJID NURUL ILMI, RABU 26 OKTOBER 2022

Camat Baturaden Bapak SUNARNO, SH, M.AP memberikan sambutan pada acara Peringatan Milad Ke-27 SMP Negeri 2 Baturraden dan Peresmian Masjid Nurul Ilmi Kecamatan Baturraden pada Rabu, 26 Oktober 2022.

Hadir dalam acara :

  1. Djadjat Sudradjat, SS,MH (Komisi lV DPRD Kab.Banyumas);
  2. Supriadi, S. Pd (Kasi Kurikulum mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kab.Banyumas);
  3. Sunarno,S H.M.AP (Camat Baturraden);
  4. Pelda Samsul Arifin (mewakili Danramil 02 Baturraden);
  5. Sukmana, SE (Kasi Trantib Kecamatan Baturraden);
  6. Tri Waluyo, SE (Sekdes mewakili Kades Desa Kemutug kidul);
  7. Komite SMP N 2 Baturraden;
  8. Satpol PP

Tamu Undangan yang hadir pada acara Peringatan Milad Ke-27 SMP Negeri 2 Baturraden disambut dengan Begalan dari Siswi SMP N 2 Baturraden dan sebagai Penghormatan, Camat Baturraden, Bapak SUNARNO SH, M.AP memecahkan Kendil sebagai simbol Netral dari segala Bencana dan permasalahan (Rubeda : dalam Bahasa Jawa).

Begalan adalah salah satu tradisi budaya masyarakat Jawa, utamanya Banyumas yang dilaksanakan sebagai bagian dari prosesi pernikahan atau acara sakral lainnya. Begalan kali pertama diperkenalkan semasa Bupati Banyumas XIV, Raden Adipati Tjokronegoro (tahun 1850). Tradisi yang hanya ditampilkan apabila mempelai laki-laki merupakan putra sulung, ini berupa perarakan pengantin, para penari, penabuh gamelan, dilengkapi dengan usungan berupa perabot rumah tangga.

Pemotongan Pita oleh Camat Baturraden, Kepala Sekolah SMP N 2 Baturraden dan Komisi IV DPRD Kabupaten Banyumas sebagai tanda Peresmian Rehab Masjid Nurul Ilmi. Proses rehab memperluas Masjid dengan anggaran Rp.150.000.000. Tujuan merehab Masjid tersebut agar lebih banyak menampung jamaah.

Peresmian Masjid Nurul Ilmi diisi oleh Bpk Djadja Sudradjat,SS.MH yang menyampaikan Ucapan Selamat dengan suksesnya rehab Masjid ini, semaga sesuai dengan namanya Nurul Ilmi yang artinya memiliki makna Cahaya Ilmu, semoga semua yang memanfaatkan masjid ini menjadi orang yang Cerdas dan memiliki Akhlak yang mulia.

Mengunjungi Pameran Hasil Karya Siswa Siswi SMP Negeri 2 Baturraden, dilanjutkan dengan acara inti Peringatan HUT SMP N 2 Baturraden.

Sambutan-Sambutan :

1). Sambutan Kepala Sekolah Mengucapkan Selamat Milad Esperobat dan terimakasih kepada Tamu Undangan yang sudah hadir, disampaikan Sejarah, Visi, Misi dan Prestasi yang telah diraih SMP N 2 Baturraden selama ini.

2). Sambutan Bpk Djadja Sudradjat, SS, MH mengucapkan Selamat Milad Esperobat ke 27, Beliau juga menyambut baik dengan adanya acara Begalan sebagai sambutan penerima Tamu, artinya menguri-uri budaya lokal sebagai kearifan lokal yang ada di Masyarakat Kabupaten Banyumas, apalagi didalam begalan ini penuh makna yang positif dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

3). Sambutan Bpk Sunarno, SH. M.AP Camat Baturraden mengucapkan Selamat Milad Esperobat ke 27, beliau juga menyambut baik dengan adanya acara Begalan sebagai sambutan penerima Tamu ini adalah ciri khas budaya lokal Banyumas, yang memang perlu di kenalkan pada generasi ke generasi  khususnya para Siswa-Siswi sebagai penerus perjuangan Pembangunan Bangsa, dimana di era globalisasi sekarang ini yang notabene generasi Milenial yang harus berwawasan Budaya agar bisa mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal dalam Masyarakat, karena pembangunan negeri ini sangat dibutuhkan Jatidiri Bangsa yang didalamnnya adalah Pendidikan Moralitas dan Budaya sebagai penopang.

Pemberian Bunga sebagai wujud ucapan terimakasih kepada Camat Baturraden dari SMP N 2 Baturraden.

 

 

Related Posts

Komentar