Bimtek Hehumasan Dapat Tingkatkan Citra Organisasi

Bimtek Hehumasan Dapat Tingkatkan Citra Organisasi

Camat Baturraden Budi Nugroho S.STP M.Si selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Baturraden membuka bimbingan teknis kehumasan bagi pembina pramuka Se Kwartir Ranting (Kwaran) Baturraden, Rabu (25/10) di Aula SD N 3 Kutasari.

 
Kamabiran Budi Nugroho mengatakan seluruh kegiatan pramuka sangat penting untuk dipublikasi, karena hal itu dapat memberi dampak positif dan meningkatkan citra organisasi. Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa peran serta media sebagai corong informasi harus lebih ditingkatkan.
 
“Untuk itu saya sangat mengapresiasi kerja sama yang dijalin dengan salah satu media online, selain untuk memotivasi menulis juga untuk publikasi kegaiatan yang dilaksanakan”, kata Budi.
 
Ketua Panitia Yuli Siswati, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pembina pramuka tentang fungsi dan peran kehumasan sebagai pembangun citra positif organisasi pramuka.
 
“Peserta diharapkan mampu menerjemahkan setiap kegiatan pramuka, dengan bahasa tulisan  melalui media sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi secara jelas tentang kegiatan pramuka,” kata Yuli.
 
Yuli menjelaskan bahwa bimbingan ini digelar dengan mengahdirkan narasumber dari Tim Bidang Humas dan Abdinas Kwarcab Banyumas.
 
Parsito salah satu pemateri mengatakan bahwa peran kehumasan sangat dibutuhkan dalam rangka penyebarluasan informasi kepada masyarakat, terkait berbagai kebijakan, program serta kegiatan pramuka.
 
“Sangat penting, terutama bagi pembina untuk memiliki pengetahuan dan wawasan tentang seluk beluk sebagai seorang yang mampu menghimpun dan mengelola informasi terkait kebijakan organisasi,” jelasnya.
 
Parsito menjelaskan bahwa Humas merupakan penyambung informasi kepada publik. Dengan peran media bisa memperdalam kepercayaan publik tehadap organasasi pramuka.
 
“Kekuatan Media itu dapat mengubah cacing terlihat seperti naga, peristiwa kecil jika dipublikasikan oleh media, peristiwa itu dapat diketahui banyak orang,” kata Parsito.
 
Dan paling penting, para pembina dapat meningkatkan sumberdaya dalam mengelola informasi serta memahami dasar-dasar jurnalistik, khususnya di pangkalan se Kwarran Baturraden. 
 
“Sehingga dapat mempramukakan orang yang belum pramuka, dengan menjelaskan kegiatan pramuka yang sarat makna, mereka akan memberi dukungan kepada organisasi kepanduan ini,” tambahnya (Sumber : http://www.suarapurwokerto.com)

Related Posts

Komentar